Pantai Bowele

Entah kapan dan bagaimana ide itu bisa tergagas. Bulan Juni 2015 saya, Mayu, dan Nenda akhirnya mendirikan jasa travel "Camar Trip". Sejak itu, kami sering survey keliling. Tanggal 11 Juli 2015, kami bertiga survey ke Pantai Bowele yang terletak di Malang Selatan arah Lumajang.

Kami berangkat pagi dari Surabaya. Lama perjalanan sekitar 4-5 jam. Jalanan memang sudah beraspal, namun jalan menuju pantainya sangat sempit sehingga sangat mepet sekali jika dilewati dua mobil sekaligus. Pantai Bowele merupakan singkatan dari Bolu-bolu, Wedi Awu, dan Lenggoksono. Kami tiba di Pantai Lenggoksono sekitar jam setengah 12. Kami menunggu setengah jam untuk ikut memenuhi kuota rombongan lain naik perahu menikmati tur Bowele ini.

Destinasi pertama kami adalah Pantai Banyu Anjlok yang terkenal dengan air terjunnya yang mengarah menuju laut, seperti Pantai Banyu Tibo Pacitan. Jika kita berjalan melewati air terjunnya, maka kita akan masuk ke dalam goa kecil dan sempit yang ditetesi oleh air terjun tersebut. Pantai Banyu Anjlok ini, selain dapat diakses dengan perahu, juga bisa menggunakan motor. Tapi dari yang saya baca dan dengar sepertinya agak berbahaya jika mencapainya dengan motor karena jalanannya sangat curam, sempit, dan licin. Di dekat air terjun tersebut terdapat tangga dari tali yang bisa digunakan untuk menaiki tebing menuju muara asal air terjunnya.



Beginilah kira-kira pemandangan dari atas air terjunnya. Setelah dari Pantai Banyu Anjlok, kami menuju ke laut untuk snorkeling. Ikan-ikannya kurang bervariasi seperti di Menjangan atau bahkan Pulau Seribu. Terumbu karangnya juga banyak yang mati. Bahkan untuk mengundang ikan-ikannya datang, para guide memberi remah-remah roti. Saya pernah mendengar dulu nelayan masih sering menangkap ikan dengan bom sehingga biota laut kurang terjaga. Tapi hal itu sudah berubah karena minat pariwisata semakin meningkat, para nelayan juga lebih menjaga biota laut yang ada.



Setelah snorkeling, kami menuju pantai Bolu-Bolu. Pantai ini sering digunakan untuk camping dan untuk aktivitas tersebut wisatawan akan dikenakan biaya tambahan.


Pekerjaan yang sesuai hobi dan sekaligus sambil berwisata memang sangat menyenangkan.

Comments