Jakarta - Bogor - Purwakarta - Karawang

"The best thing about traveling is their foods."


Where to go during Christmas-New Year holiday around your hometown? Ketika ga berkesempatan ke Sumatera Utara dan tetap ingin berlibur, maka kulineran adalah kunci.

JAKARTA
1. Soto Mie Udin Menteng -Jl. Sawo-
Soto yang terletak di balik RS Bunda ini enak pake banget. Kuahnya top ditambah pake emping sama risolesnya.

2. Kota Tua Jakarta
Wisata yang sudah lumayan sering dikunjungi sejak masih SMA. Terakhir ke Batavia Lama sekitar 3 tahun lalu. Museumnya bahkan sudah berubah banyak dan semakin lebih baik dan tertata.

3. Es Krim Ragusa
Es krim legendaris seperti "Zangrandi Surabaya" dan "Oen Malang". Tempatnya mendukung legenda cita rasa lamanya. Rasa eskrimnya juga enak. Kesukaan aku Spaghetti Ice Cream. Sayang pelayannya kurang ramah.


BOGOR
1. Lemongrass
Kopitiam terenak. Tempatnya sangat artistik instagramable. Pelayanannya juga baik. Harganya memang sedikit mahal tapi sesuai. Orang sampai rela mengantri lama untuk makan di sini saat tahun baru kemarin.

2. Chocomory
Kalau kamu ingin sekali ke Cimory Puncak untuk beli wafer cokelatnya Chocomory, tapi ngga mau terjebak macet di sana, solusinya adalah Chocomory Padjajaran Bogor kota. Di sini juga menyediakan susu Cimory meskipun tidak selengkap di Puncak sana. Aku paling suka choc-o bag yang wafer finger sama yang oreo. Enak banget cokelatnya.

3. Gedung Dalam
Kuliner jalanan atau streetfood. Di sini ada roti unyil, asinan khas Bogor, dan makanan untuk camilan seperti tahu tauge goreng, es cendol, tahu gejrot, kue ape, dan lain-lain.

4. Bumi Aki
Restoran Sunda yang dalam bahasa Indonesia berarti "Rumah Kakek" ini sangat cocok untuk makan keluarga. Tempatnya bagus asri, bisa lesehan juga.


PURWAKARTA
1. Sate Maranggi Hj. Yetti
Sate legendaris yang membuat orang rela jauh-jauh ke Purwakarta untuk makan. Ternyata memang enak. Karedoknya favorit banget.

Selain makanan tempat ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh dengan kearifan lokal. Aku beli celengan kucingnya. Gemas.


KARAWANG
1. Kedai Surabi Duren

Kedai Surabi Duren ini terletak di pinggiran Karawang. Harganya murah dan enak. Paling suka surabi duren kejunya dan kelapa muda yg masih gumeho kata orang sana. Di sini juga disediakan durian montong utuh. Penjualnya sangat menjaga kualitas sampai-sampai waktu mau beli dibilang begini, "Jangan, teteh. Itu durian kemaren udah ga enak eta mah." Terbaik.

Comments