Pantai Goa Cina

Tidak lama setelah ke Banyuwangi, yaitu tanggal 19 Februari 2015, saya, Yora, Bang Ondo, dan Lona pergi berlibur ke Pantai Goa Cina. Pantai ini terletak di Malang Selatan. Kami berangkat sekitar jam 6 pagi dari Surabaya. Perjalanan kami tempuh selama 4 jam, 2 jam menuju Malang kota, dan 2 jam kemudian menuju pantainya. Perjalanan dari Malang kota sampai ke kawasan pantainya beraspal dan jalannya cukup baik. Sedangkan, di dalam kawasan pantai sendiri sampai menuju parkir mobil jalannya tanah dan berbatuan.

Saat kami tiba di sana, pantainya rame sekali dengan pengunjung. Menurut saya, Pantai Goa Cina ini adalah pantai paling komersiil sepanjang jalur pantai Malang Selatan. Pengelolaan pantai dan penjualan di sekitar pantainya sudah tertata dengan baik. Warung-warung makanan terletak di dekat parkiran mobil. Sedangkan, di garis pantai dekat goa nya terdapat beberapa penjual es krim. Es krimnya terasa sangat nikmat di tengah cuaca panas.

Garis Pantai Goa Cina sendiri dibagi menjadi dua dengan goa kecil yang terdapat di tengahnya. Kedua garis pantai tersebut bagai cermin dengan gugusan pulau-pulau kecil di sepanjang lautnya.

Beberapa pengunjung memang banyak yang bermain air di pesisir pantai, namun sangat tidak diperbolehkan berenang apalagi hingga ke tengah di sepanjang jalur pantai selatan pulau Jawa. Jalur pantai selatan memang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Sekitar jam 2 siang, air laut saat itu menjadi surut. Berbeda sekali dengan saat pagi hari, bukan? Beberapa wisatawan pun ada yang mencoba berjalan menyeberangi pantai menuju pulau di tengah laut tersebut. Hati-hati dengan batu karang dan kalau bisa jangan berlama-lama di sana karena saat sore air laut akan kembali pasang. Setelah puas bermain air dan mandi, kami pun kembali pulang.

"To me, the most beautiful ship in the sea of life is friendship."

Comments