Semarang : Hari 2 Semarang Atas

Hari ke-2 di Semarang, kami lanjut mengitari Semarang atas. Katanya sih bedanya Semarang atas sama bawah, kalo jalannya mulai nanjak itu uda Semarang atas. Tapi yang paling beda sih suhunya. Semarang bawah panaaaas banget. Semarang atas bervariasi, dari sejuk ampe dingin banget. Tempat wisatanya ada Pagoda, Candi, Ungaran, dan Bandungan.


PAGODA AVALOKITESVARA
 
Semarang memang cocok sekali untuk wisata religi. Jika di Semarang bawah ada Masjid Agung, Klenteng Sam Poo Kong, dan Greja Blenduk, maka di Semarang atas ada Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini merupakan tempat sembahyang umat beragama Buddha.


CANDI GEDONG SONGO
Gedong Songo berarti sembilan bangunan, namun sekarang candi peninggalan budaya Hindu ini hanya terdiri dari 5 candi saja yang terpencar di Gunung Ungaran.
Tips: Sangat disarankan untuk memakai sandal gunung atau sneakers karena perjalanan menanjak mendaki gunung. Bagi wanita lebih baik ga make sepatu yang ada haknya. Karena suhunya dingin, gunakan pakaian yang agak tebal.

Candi pertama terletak dekat dengan pintu masuk. Tapi untuk menuju candi ke-2 perjalanan terasa sangat jauh.

Di sepanjang jalan menuju candi ke-2 dan ke-3 terdapat banyak arbei/stroberi hutan. Rasanya enak loh. Meski gerombolan lain sangsi saat kami memakannya dan yakin kami besoknya diare, kami berhasil buktiin kalo besoknya kami aman-aman aja dan ga diare haha. Maybe one day you could eat it to survive in a forest when you have no food :)

Udara pegunungan dan suhu yang sejuk. Pohon-pohon yang melukiskan warna hijau. Awan-awan yang bertaburan di langit. Pemandangan di sepanjang Candi Gedong Songo sungguh sangat indah. We are very happy to see the amazing of God's creation.

Candi ketiga merupakan candi kembar. Perjalanan dari candi 2 menuju 3 jaraknya tidak terlalu jauh.

Di antara candi ke-3 dan 4 terdapat kolam pemandian air belerang yang katanya bisa menyembuhkan penyakit di kulit. Setelah melewati kolam tersebut, kami harus melewati candi ke-4 dan ke-5 yang letaknya berdekatan supaya bisa turun ke pintu keluar. Perjalanan yang sangat panjang tapi sekaligus menyenangkan hehe. Selesai melewati itu semua, di pintu keluar terdapat stand-stand yang jualan makanan. Harus dicoba satenya. Enak banget!


CIMORY

Dalam perjalanan pulang, di daerah Ungaran, terdapat restoran Cimory. Restoran yang ciri khasnya sangat sapi ini, cocok sekali dengan musik country yang selalu diputar di sana. Di taman Cimory ini, terdapat tempat mainan anak-anak dan kandang sapi. Di cimory juga ada tempat-semacam-kayak-supermarket-gitu yang ngejual snack ringan dan minuman. Susu pasteurisasi Cimory recommended banget loh. Bakpao susunya juga wajib buat dicoba. Desain interior Cimory ini sebenernya ga jauh beda sama Cimory yang di Puncak.


Di Semarang atas juga ada Bandungan yang mungkin isinya kebanyakan tempat karaokean. Tapi di Bandungan ada tempat jual susu kedelai yang enak. Oleh-oleh khas dari Semarang adalah tahu bakso, lumpia, bandeng presto, dan mochi.


That's a final recap of our very short trip to Semarang.

Comments